TRAINING OF TRAINER (TOT) KONSELOR SEBAYA

Permasalahan remaja sangatlah kompleks. Banyak masalah yang terjadi pada remaja menjadi kasus yang fatal dikarenakan tidak adanya tempat mereka untuk mencurahkan permasalahan, serta tidak ada yang memberikan pendampingan dalam mencari solusi. Hal ini terjadi karena pada umumnya remaja merasa takut dan tidak nyaman jika harus menyampaikan permasalahan mereka kepada orang tua atau guru. Oleh sebab itu terbentuknya PIK-R merupakan salah satu wadah untuk memfasilitasi siswa dalam menyampaikan permasalahannya, khususnya terkait permasalahan kekerasan seksual, bullying, napza dan permasalahan remaja lainnya.
Program TOT Konselor Sebaya ini merupakan sarana penunjang bagi siswa yang tergabung dalam organisasi PIK-R agar mereka mampu memberikan layanan konseling yang memadai bagi siswa SMA N 1 Boja. Kegiatan yang dilaksanakan oleh TIM BK SMA N 1 Boja pada hari Senin 22 Mei tahun 2023 ini diikuti oleh semua anggota PIK-R dengan penuh antusias.
Materi pertama yaitu tentang Konselor Sebaya, oleh narasumber Bapak Agus Rijadi,S.Pd. Disini disampaikan bahwa sebagai konselor sebaya siswa harus memiliki beberapa kemampuan dasar agar dalam memberikan layanan konseling dapat mencapai tujuan yang terbaik. Selanjutnya pada materi kedua dan ketiga dengan narasumber Bapak Ibnu Setyawan,M.Pd disampaikan tentang komunikasi efektif dakam konseling dan teknik dalam konseling. Pada sesi ini siswa diberi pemahaman bagaiman cara berkomunikasi dalam kegiatan konseling agar siswa yang diberikan layanan dapat merasa nyaman dan terbuka dalam mengungkapkan permasalahannya. Selain itu siswa juga diberi pemahaman bagaimana teknik yang dapat digunakan dalam layanan konseling agar permasalahan dapat terentaskan dengan baik.


Pada akhir sesi peserta diberi kesempatan untuk melakukan praktik konseling secaralangsung. Hal ini bertujuan agar mereka siap dan mampu ketika terjun langsung menjadi konselor sebaya bagi siswa SMA N 1 Boja. Selain kegiatan ini TIM BK SMA N 1 Boja tentunya akan terus memberikan pendampingan pada konselor sebaya dalam memberikan pelayanan bagi siswa. Dengan harapan segala permasalahan siswa dapat terentaskan dengan baikserta dapat mencegah permasalahan remaja yang mungkin akan terjadi.